Arang Bambu Atau Bamboo Charcoal

Arang Bambu Atau Bamboo Charcoal

Sekilas Tentang  Arang Bambu

 

Arang Bambu Atau dalam Bahasa Inggrisnya Bamboo Charcoal dikenal sebagai " Black Diamond From Asia" atau berlian hitam dari Asia. Dikenalnya Arang Bambu / Bamboo Charcoal Sebagai Black Diamond From Asia dikarenakan Berbagai Manfaat dan khasiat yang luar biasa dan beragam yang dihasilkan oleh Arang Bambu / Bamboo Charcoal.
Arang bambu / Bamboo Charcoal memiliki lebih dari 400 jenis mineral dan ratusan manfaat efek pengobatan bagi kesehatan kita.
 

Arang Bambu / Bamboo Charcoal telah lama digunakan di seluruh dunia terutama di Asia seperti Jepang, Korea, Taiwan dan China. Berdasarkan catatan sejarah di China, terbukti bahwa arang bambu / Bamboo Charcoal telah digunakan sejak zaman kuno untuk berbagai kebutuhan.

Bambu yang tumbuh di usia 4-5 tahun dibakar pada suhu tinggi 800 º c dan di atas, sampai masuk ke dalam genre arang putih. Nilai kalor mencapai hingga 7000 kalori yang lebih besar dari 4000 kalori arang kayu normal. Luas permukaan besar dibandingkan dengan arang normal, arang bambu menampilkan struktur berpori tinggi (pori-pori dan celah). Adapun luas permukaan untuk 1 gram arang bambu, itu adalah sekitar 700 m², melebihi 300 m² 1 gram binchotan atau arang putih, Oleh karena itu, umumnya mengatakan bahwa luas permukaan pori-pori arang bambu adalah 2 ~ 3 dua kali dari arang kayu.

Manfaat yang paling dasar dari arang bambu adalah memurnikan udara dan bau. Struktur Arang Bambu sendiri sangat berpori, menciptakan sejumlah besar luas permukaan. Ini membuat Arang Bambu memiliki kemampuan luar biasa untuk menyerap bau dan memurnikan udara. Ada juga mikroorganisme dalam struktur berpori arang bambu yang dapat mendegradasi bahan kimia berbahaya.

Arang bambu dapat mengontrol kelembaban pada ruangan dan berfungsi sebagai humidifikasi. Jika Anda menggunakan mikroskop elektron, Anda akan melihat jumlah tak terbatas lubang sangat kecil ( ukuran micron) di arang bambu. Ini adalah porositas. 1 gram atau hanya sebatang arang memiliki luas permukaan yang mencapai sekitar 300 meter persegi (3000 meter persegi). Oleh karena itu, air dan udara bisa dilewatkan dengan mudah. Selain itu juga, berbagai kotoran atau benda asing akan terserap pada daerah permukaan yang luas pada Arang Bambu. Ketika udara melewati, dan jika kelembaban tinggi, arang akan menyerap kelembaban, dan udara akan dikonversi menjadi kering. Jika udara terlalu kering, maka arang akan melepaskan kelembaban yang menyesuaikan kelembaban di udara. Melalui lubang berukuran mikroskopis, Arang Bambu akan menyerap hal-hal berbahaya termasuk partikel bau busuk secara bersamaan. 


Bambu sendiri adalah sejenis rumput dan merupakan hasil hutan bukan kayu yang pertumbuhannya cepat, sehingga penggunaannya untuk berbagai keperluan hidup dan industri tidak akan berdampak negatif terhadap lingkungan.

Bambu tumbuh dengan menyedot gizi yang diperlukan seperti mineral dari tanah. Ketika bambu dibuat menjadi arang, dan dioksidasi mineral berkarbonasi dapat dengan mudah larut dalam air. Karena itu, jika Arang Bambu ini terendam air, mineral yang terperangkap dalam arang akan mulai larut. Hal ini akan mengubah air untuk air mineral .

Selain itu, Arang Bambu apabila terkena api, menghasilkan sinar inframerah yang tidak terlihat dengan mata kita. Saat masak gunakanlah Arang Bambu, kenapa ? Karena Arang Bambu meningkatkan sirkulasi darah yang tepat dan pembaruan. Ikan, daging, dan sayuran akan terasa lebih baik dan nutrisi lainnya akan diproduksi.

Arang Bambu juga menghasilkan ion negatif yang mulai bekerja di sistem saraf parasimpatis, yang menenangkan pikiran dan tubuh.

 

Berikut Beberapa Manfaat Arang Bambu :
1. Sebagai Pemurni Udara 
2. Sebagai Penyerap Bau
3. Menambah kandungan mineral pada air dan menetralisir zat-zat berbahaya sekaligus menjernihkan air
4. Membuat Nasi Pulen
5. Menjernihkan Minyak goreng
6. Mengobati keracunan
7. Meringankan gejala Diare
8. Bahan pewarna alami untuk makanan
9. Menangkal Radiasi
10. Sinar Infra Red pada arang bambu membantu melancarkan peredaran darah
11. Pengatur Kelembaban
12. Menyerap racun yang menumpuk pada kulit
13. Bahan bakar bio massa
14. Sebagai salah satu bahan baku kosmetik
15. Pemutih gigi alami
16. Bahan Material komposit
17. Obat luka luar
18. Salah satu bahan baku pembuatan sabun arang bambu
19. Sebagai bahan baku pembuatan masker wajah alami arang bambu


Selain diatas masih banyak lagi kegunaan dan manfaat dari arang bambu. 

 
 

0 komentar:

Posting Komentar